: "width=1100"' name='viewport'/> PT. Borneo Alam jaya: AMDAL Perkebunan Kelapa Sawit PT. Lifere Agro Kapuas

AMDAL Perkebunan Kelapa Sawit PT. Lifere Agro Kapuas




AMDAL Perkebunan Kelapa Sawit PT. Lifere Agro Kapuas


      Secara administrasi lokasi ini terletak lokasi rencana pembangunan berada di Kecamatan Kapuas Barat terdiri dari desa Sei Dusun, Teluk Hiri, Penda Ketapi, Sakatamiang dan di Kecamatan Mantangai terdiri dari desa Manusup Hilir, Manusup Tarantang, Sei Kapar Harapan Jaya dan Sakata Bangun.  Luasan sebesar  ± 4.275 Ha oleh PT. Lifere Agro Kapuas hanya diperuntukan untuk pembangunan  perkebunan kelapa sawit, jalan untuk pengangkutan dan fasilitas  prasarana ( Blok LAK 2).


Peta Administrasi PT. LAK kelapa sawit

      PT. LAK telah membuat pengumuman di Koran Tabengan dan konsultasi publik telah dilaksanakan di 2 tempat yaitu di Aula kecamatan Mantangai  dan Aula Kecamatan Kapuas Barat. Konsultasi Publik ini  dihadiri oleh perwakilan masyarakat yang merupakan tempat wilayah studi, selain masyarakat juga di hadiri oleh perwakilan dari BLH Kab. Kapuas dan perwakilan tokoh adat maupun kepala desa. 

Sosialisasi PT. LAK kelapa sawit


Sosialisasi PT. LAK kelapa sawit

Sosialisasi PT. LAK kelapa sawit


     Kesimpulan dari hasil pelibatan masyarakat pada konsultasi publik di Kecamatan Mantangai dan Kecamatan Kapuas Barat adalah sebagai berikut

  1.       Penanganan tenaga kerja lokal dengan memprioritaskan rekrutmen  tenaga  kerja dari     masyarakat sekitar.
  2.       Pembayaran ganti rugi lahan untuk diselesaikan terlebih dahulu.
  3.       Batas tapak proyek harus jelas.
  4.       Sosialisasi terlebih dahulu sebelum pembukaan lahan kepada masyarakat di setiap        desa
  5.       Program CSR untuk mensejahterakan masyarakat harus terealisasikan

      Pihak perusahaan harus mematuhi adat-istiadat setempat, misalnya tidak boleh memasuki atau menebang sembarangan dan melaksanakan upacara adat setempat sebelum melakukan pembukaan lahan.


Pengambilan Sampel Untuk Rona Lingkungan
Sampel yang diambil berdasarkan kesepakatan sidang KA, yaitu kualitas udara, kebisingan, hidrologi, kualitas air, biota air, flora dan fauna, dan kuisioner untuk bidang ekonomi sosial dan budaya masyarakat di sekitar perkebunan. Berikut ini peta pengambilan sampel yang menunjukan titik-titik lokasi di perkebunan PT. Lifere Agro Kapuas dan sekitarnya

Peta pengembilan sampel PT. LAK
 


Kualitas Udara dan Tingkat Kebisingan

Parameter yang diukur untuk kualitas udara yaitu Debu Total (TSP), Karbon dioksida (CO), Sulfur Dioksida (SO2) dan Nitrogen Dioksida (NO2) dilakukan pada 3 (tiga ) titik pengukuran. Kami bekerjasama dengan Lab.Kes Prov Kalsel untuk penambilan sampel dan analisa laboratorium. Pengukuran tingkat kebisingan juga dilakukan pada titik pengukuran yang sama.

Kualitas udara PT. LAK


Tingkat kebisingan PT. LAK


Kualitas Tanah

Sampel tanah akan diuji di Laboratorium Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa Banjarbaru. Analisa pengujian yang dilakukan yaitu tekstur tanah, berat isi (Bulk Density), konsistensi, porositas tanah, sifat kimia tanah, reaksi tanah, C-organik, nitrogen, kandungan P2O5 dan K2O,. basa-basa tukar (K, Na, Ca, Mg), kapasitas tukar kation, kejenuhan basa, status kesuburan tanah

Pengambilan sampel tanah PT. LAK



Hidrologi

Aliran – aliran sungai yang mengalir di dalam wilayah perkebunan kelapa sawit PT. Lifere Agro Kapuas adalah anak – anak sungai yang tergabung dalam 1 (satu) sistem pengaliran Daerah Sungai (DAS) Kapuas, tepatnya berada di DAS Kapuas bagian hilir (Lower slope land), dan outletnya bermuara langsung di Laut Jawa. Secara hidrologis DAS Kapuas termasuk salah satu DAS besar di Kalimantan Tengah.  Lebar sungai Kapuas di sekitar perkebunan PT. Lifere Agro Kapuas antara 200 – 370 meter, Meskipun wilayah perkebunan ini memiliki  jarak terhadap garis pantai sekitar 80-90 km, namun masih dipengaruhi pasang surut air laut.


Hidrologi PT. LAK

Hidrologi PT. LAK

     

Kualitas Air dan Biota Air

Penentuan kelayakan kualtias air sungai dilakukan dengan membandingkan data pengukuran dari masing-masing parameter air dengan nilai baku mutu berdasarkan PP No 82 tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air

Kehidupan biota perairan sangatlah ditentukan beberapa faktor seperti temperatur air, intensitas cahaya matahari, kondisi fisik dan kimia perairan. Biota perairan yang diamati  adalah biota perairan sungai, sebagai dari komponen biotik penyusun ekosistem perairan yang meliputi plankton, benthos dan nekton (jenis ikan). Untuk mengetahui keberadaan plankton dan benthos pada berbagai perairan sungai yang ada akan dilakukan pengambilan sampel plankton dan benthos yang kemudian akan dianalisa di laboratorium

plankton PT.LAK

plankton PT. LAK

Kualitas Air PT. LAK



Komponen Lingkungan Sosial, Ekonomi dan Budaya


Secara administrasi, lokasi rencana kegiatan perkebunan kelapa sawit PT. Lifere Agro Kapuas berada di Desa Saka Tamiang, Penda Ketapi, Sei Dusun dan teluk hiri Kecamatan Kapuas Barat serta Desa Manusup, Harapan Jaya, Sei Kapar, Tarantang, Sekata Bangun, dan Manusup Hilir Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengahyang merupakan batas wilayah kajian aspek sosial.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kecamatan Kapuas Barat memiliki dua subsektor terpenting yaitu subsektor tanaman pangan dan perkebunan. Kedua subsektor ini yang paling banyak diusahakan oleh sebagian besar rumah tangga di desa-desa Kecamatan Kapuas Barat, sedangkan pada Kecamatan Mantangai selain subsektor tanaman pangan dan perkebunan yang juga menonjol adalah pada subsektor peternakan.

Berdasarkan data dari Badan Pusat statistik (BPS) pada PDRB Kabupaten Kapuas menurut lapangan usaha tahun 2010-2014 struktur perekonomian sebagian masyarakat Kapuas telah bergeser dari kategori Pertanian, Kehutanan dan Perikanan ke kategori ekonomi lainnya yang terlihat dari besarnya peranan masing-masing kategori ini terhadap pembentukan PDRB Kapuas. Sumbangan terbesar pada tahun 2014 dihasilkan oleh kategori Pertanian, Kehutanan dan Perikanan. Pada tahun 2014 kategori pertanian, kehutanan dan perikanan member kontribusi terhadap PDRB atas dasar berlaku sebesar 30,72 persen. Golongan tanaman pangan merupakan penyumbang terbesar terhadap kategori pertain yaitu tercatat sebesar 41,88 persen dari seluruh nilai tambah pertanian. Namun pertumbuhan golongan ini mengalami penurunan dari 6,33 persen pada tahun 2013 menjadi -0,43 persen pada tahun 2014.

Foto dokumentasi lingkungan masyarakat di sekitar perkebunan kelapa sawit PT. Lifere

Foto dokumentasi lingkungan masyarakat di sekitar perkebunan kelapa sawit PT. Lifere

Foto dokumentasi lingkungan masyarakat di sekitar perkebunan kelapa sawit PT. Lifere

Foto dokumentasi lingkungan masyarakat di sekitar perkebunan kelapa sawit PT. Lifere



Dokumentasi pengambilan survei terhadap masyarakat

survei sosial PT. LAK

survei sosial PT. LAK





     

1 komentar:

  1. Kepada yth,
    Pimpinan / Importer
    di
    Tempat

    Mohon maaf sebelumnya apabila email kami menggangu aktifitasnya.

    Kami sangat senang untuk memperkenalkan perusahaan kami PT. Tunasindo Cakrawala Sejati International Freight Forwarder Sea dan Air untuk Anda. Bisnis inti kami adalah penanganan impor & dokumen ekspor clearance. Kami adalah spesialis dalam dokumen impor dan ekspor izin 'Resmi' dari Port ke Port.
    Kami telah menjalankan bisnis selamabelasan

    tahun untuk banyak kebutuhan layanan pelanggan kami. Kami bermaksud untuk melebarkan sayap lebih dalam menambahkan basis data pelanggan kami, oleh karena itu kami mengirimkan Anda proposal ini.

    Sebagian besar, catatan pekerjaan kami lakukan izin impor. Kami memiliki pengalaman yang luas dalam menangani impor digunakan & baru mesin & bekas, alat berat, suku cadang, bahan kimia, kertas pasir, sepatu, tekstil, peralatan pertambangan, mesin cetak dan banyak lainnya (General Cargo)
    Ada juga Ekspor Impor kita telah ditangani dan consolbox regulary dari / ke Hongkong, Jepang, Cina, Vietnam, Taiwan, Thailand, Malaysia, dll dari / ke Jakarta, Semarang, Surabaya dan Bali.

    Ini akan menjadi kehormatan bagi kami jika Importer akan mempertimbangkan kita untuk menjadi penjual bisnis yang dapat diandalkan dalam menangani dokumen impor dan ekspor.

    Kami akan sangat senang jika kita dapat menjalin kerjasama yang baik dari Importer dan akan sangat senang apabila ada pertanyaan yang Anda tanyakan langsung ke kami membahas bagaimana kita dapat lebih melayani impor dan ekspor perlu cocok untuk perusahaan Anda.

    Looking forward untuk mendengar kabar baik dari Anda. Banyak terima kasih atas kepercayaan dan diberi kesempatan.

    Kind Regards
    TAUFIQ ALAYDRUS
    Hp.0813 1641 0967
    Wa.0812 2577 1400

    TCS Lines
    PT.TUNASINDO CAKRAWALA SEJATI
    GRAHA PROTON LT 2
    Jl Jl. Jatinegara Barat No.195
    Jakarta Timur 13310, DKI Jakarta, Indonesia
    P : +6221 819 - 0266 | F :+6221 2208 – 1536
    E- taufiq.tcs@gmail.com / taufiq@tunasindo.co.id
    E- cs@tunasindo.co.id
    Web:www.tunasindo.co.id

    BalasHapus